Minggu, 03 Juli 2016

Nothing Impossible: Lolos SBMPTN 2016

Hi all! I'm come back!
Sekarang, aku mau share sedikit tentang pengalaman aku nih tentang masuk perguruan tinggi tempat dimana aku mengenyam bangku kuliah sekarang.

First of all, I wanna say thanks for Jesus Christ, He has given me a chance to write my experience here..

Dari kelas 10, kayaknya aku sudah memikirkan tentang perguruan tinggi mana yang aku ingin tuju. Sebelumnya, aku adalah siswi dari salah satu sekolah menengah atas swasta di Semarang. Pertama - tama tidak terbayang sama sekali dibenakku ingin masuk perguruan tinggi negeri, tapi ntah kenapa waktu itu aku mendapatkan info - info tentang PTN di twitter, ask.fm, maupun yang lainnya yang mengatakan bahwa masuk PTN itu sulit. Lalu kekepoanku berlanjut. Aku lihat web SNMPTN, SBMPTN, maupun ujian mandiri, bahkan orang - orang yang masuk ke PTN (maklumi lah aku sangat kepo). Ternyata benar, peminatnya banyak sekali sampai - sampai banyak orang yang kecewa kenapa mereka tidak dapat masuk ke PTN dan rela untuk mengorbankan waktunya untuk menngulang kembali tahun depan. Entah kenapa lagi, aku beringinan untuk masuk ke PTN. Hmm..sulit sekali sepertinya untuk siswi seperti aku mau masuk ke PTN. Dan kalian tahu PTN apa yang aku inginkan pada saat itu? Sebut saja....UGM.
Selama 3 tahun sekolah, aku merupakan yang......suka tidur. Maklum, rumah saya jauh dan saya punya kebiasaan tidur sampai pagi bahkan subuh tanpa melakukan hal apapun yang produktif, ya.. gara - gara bikin tugas sering sih (CUMA TIDUR 2 - 3 JAM AN?!). I think it was impossble, really. Skip aja yah 3 tahunnya! 

SNMPTN 2016
Dalam SNMPTN aku milih:
1. Ilmu Komunikasi - UGM
2. Sastra Inggris - UGM
3. Akuntansi - UNDIP
Hasil: udah tahu sendiri deh, gagal pastinya. Sedih? Enggak! Karena aku tahu diri mungkin? By the way, di semester 1 kelas X aku mendapat nilai matematika 68 which is DIBAWAH KKM. Mau berharap apa lagi? Toh, walaupun nilai matku tidak dibawah KKM tetap saja sih, ga bakal lulus juga kayaknya lihat rapotku yang kayak roller coaster hehe.
Ya udah lah ya, SNMPTN? Bye.

SBMPTN 2016
Aku sudah mempersiapkan SBMPTN sejak uhm.. mungkin kalo aku enggak salah beberapa hari atau satu minggu setelah UN. Mepet sih, untuk adik - adik yang baca blog ini, please, aku mohon belajar dari dulu kalo emang mau masuk ke PTN yang bener - bener kalian inginkan. Apalagi kalau yang kalian inginkan adalah sekelas UI maupun UGM, karena kalian ngga tau bagaimana lawan kalian, kan? ditambah juga alumni yang pastinya belajar lebih dulu daripada kalian yang harus membagi waktu antara sekolah, UN, dan SBMPTN. Jangan sampai kalian nyesel. Aku sebenernya juga nyesel kenapa aku harus belajar setelah UN? Padahal soalnya..GILA. Soalnya beda dari apa yang biasanya sekolah kasih, apalagi disana ada TPAnya dan plis lah MAT DASARNYA ITU SANGAT AMAT MEMBUAT KEPALA NYUT - NYUTAN! Dulu, waktu sekolah aku lemah banget di matematika dan menggangap bahwa ulangan - ulangan disekolahku itu sulitnya minta ampun. Pada waktu aku mulai belajar SBMPTN khususnya mat dasar, SEMUA PIKIRANKU ITU BERUBAH. MAT DASAR MEMANG MENJADI MOMOK BESAR BAGIKU (gatau cuma aku apa enggak sih). Maaf alay, tapi itu yang ku rasakan, really.
Nah, aku belajar SBMPTN dari setelah UN ke akhir bulan April agak selo. Palingan aku satu hari itu 1 paket doang dan itu enggak mencakup TKPA(TPA, Bind, Bing), dan kemampuan soshum. Cuma TKPA doang (Bind dan Bing jarang buanget aku kerjain), atau kemampuan soshum doang dan kadang cuma 1 mapel doang kalo lagi mager (PLIS INI JANGAN DITIRU! WAKTU ITU BERHARGA!) 
Setelah masuk bulan Mei, aku agak ngebut sih walau mungkin dibanding anak lain itungannya masih santai - santaian doang. Oiya, SBMPTN 2016 jatuh pada tanggal 31 Mei 2016. 
Pada SBMPTN 2016 ini aku nggak mau ngambil resiko yang besar, aku enggak milih UGM lagi karena menurutku.....aku belum pede sih buat milih UGM. Kamu terlalu baik buat aku </3
Jadi, aku milih:
1. Akuntansi - UNDIP
2. Ilmu Komunikasi - UNDIP
3. Administrasi Bisnis - UNDIP

Waktu hari H SBMPTN aku bener2 bingung ga bisa ngerjain. SUSAH BANGET! Yang ikut SBMPTN 2016 ini pasti tahu, TPAnya beda dari tahun lalu. Padahal pikirku, TPA itu adalah lumbung nilai yang bagus buat nambah poin kita. Enggak cuma TPAnya yang sulit, tapi menurutku soshumnya juga lumayan sulit. Bahasanya juga sulit sih. Eh, matnya lebih sulit deng. KESIMPULAN: SEMUA SULIT! Aku cuma ngerjain mat dasar 1 doang hehe. Gimana lagi, susahnya minta ampun. Inggrisnya juga aku cuman ngerjain dikit. Soshumnya lumayan sih paling enggak 1/4 soal lebih sampai 1/2 soal permapel lah mungkin ada yang lebih. Tapi, aku ngerjain yang (terlihat) banyak banyak yang mungkin salah sih, soalnya aku udah depresi TPAnya beda, eh soshumnya sulit makanya dibanyak2in lah biar siapa tau lagi beruntung. Tapi jangan cap cip cup juga ya! Waktu aku SBMPTN, soalnya dikumpulin jadi aku ga inget aku ngisi berapa yang penting kayaknya mat dasar 1 dan bahasa inggris 3. Lihat kan? Dikit pake banget. Aku keluar keluar langsung kayak orang ga punya harapan lagi. Its impossible, i thought. Aku waktu itu chat sama temenku waktu istirahat dan rasanya bener - bener gatau ngomong apa, aku ngerasa gagal. Apa arti aku belajar selama ini? lagi - lagi, waktu aku nyocokin 1 nomer gitu, ada yang salah gara - gara emang awalnya aku bingung antara kritik eksternal atau internal huft. Mata pelajaran itu sejarah, dan sejarah aku ngerjainnya dikit..udah salah lagi. Sejak itu aku ga mau bahas soal SBMPTN lagi, bersyukur sih soalku dikumpulin kalo diruanganku (temenku ada yang boleh dibawa pulang) soalnya aku nanti stress kalo bahas soalnya malah kepikiran terus.

UM UNDIP - 1 Juni 2016
Sebenernya aku agak gak yakin ikut UM Undip, soalnya kalau lewat ujian mandiri undip bakal ngasi uang gedung dan ukt yang tinggi dan aku ngga yakin orang tua aku ngebolehin soalnya aku udah ada cadangan swasta dan swasta ga boleh dibalikin uangnya kalo keterima lewat ujian mandiri. Bolehnya cuma lewat SNMPTN atau SBMPTN. Soalnya terdiri dari 5 mata pelajaran: Matematika, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPS. Matnya lebih mudah dari SBMPTN (tapi tetep aja aku cuman bisa ngerjain 3), PKNnya susah sih menurutku, BI dan Inggris lumayan sih tapi teksnya susah SBMPTN, dan IPSnya menurutku susah karena apa ya, aku lupa haha.

UTUL UGM - 5 Juni 2016
Masih inget impianku dulu? Ya, aku pengen banget di UGM. Aku inget banget dulu waktu aku ke Jogja, aku mampir ke UGM dan aku foto - foto disana yeay. Aku hampir pengen nangis lihat UGM, aku bener bener pengen disana dan aku suka banget sama Jogja. 
Utul ini aku milih jurusan:
1. Akuntansi
2. Ilmu Komunikasi
3. Satra Inggris
Aku kedapatan lokasi di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Utul menurutku lebih mudah daripada SBMPTN. Aku paling nggak ngerjain 15 dari 25 soal, bahkan ada yang lebih (dikit). Oiya, Utul ini nggak ada mapel Sosiologi pada waktu itu sih. Aku kesulitan di Bahasa Inggrisnya yang harus ngisi titik titik itu. Jujur, aku berharap banget bisa lulus UTUL UGM karena ini impianku. Aku dari kelas 10 pengen banget masuk UGM..
Pulang rumah, soal UTUL UGM kan dibawa pulang (kecuali TPAnya). Nah, aku nyoba nyocokin..eh sejarah udah salah 4 (awal aku meriksa), ekonomi udah salah berapa..itupun belum aku cocokin semua loh, apalagi sejarah cuma beberapa nomer awal doang. Selanjutnya aku males banget nyocokin kalo kalo lihat banyak yang salah. Lemeslah aku, pikirku kayaknya ga ada harapan deh SBMPTN maupun UTUL. Lagi lagi ditambah peserta UTUL tahun lalu 28rb tahun ini jadi 32ribu. Wow. Pupuslah harapanku..

MASA MASA PENANTIAN
Satu kalimat aja: GAK ADA HARAPAN. Jujur, waktu ditanyain orang tua aku cuma ngomong "Ya doain aja.." sangking aku nggak tega kalo mereka tahu sebenernya aku nggak bisa ngerjain. Sebenernya dalam hati aku, aku kok 'agak' sedikit berharap UTUL daripada SBMPTN ya? Soalnya menurut aku SBMPTN aku parah banget. UTUL ga tau deh, kayaknya mungkin masih bisa untung..tapi bener deh aku nggak ada harapan banget di SBMPTN.
Aku masa penantian ini aku isi dengan nganggur, mikirin gimana tesnya, jalan jalan, dan yang penting: DOA!

HASIL

28 Juni 2016 pengumuman SBMPTN: Aku lagi tidur trus bangun jam 2 lebih. Pengumumannya jam 2 siang. Tapi aku sebelum mbuka aku nangis, aku ga tahu harus ngapain. Aku doa, aku serahin sama Tuhan karena aku takut membuat orang tuaku kecewa. Aku baru buka jam 3 yang sebelumnya aku nangis nangis, tangan gemeteran dulu. Hasilnya:


Aku tutup mata waktu mau teken tombol OK, trus aku ngintip lah kok warna biru?! Brarti aku lolos?! Aku ga nyangka, sama sekali. Serius. Apalagi dapetnya dipilihan 2. Kalo aku bayangin, kalo lagi untung ya aku dapet pilihan pertamalah, kalo enggak ya pilihan ke 3. 

Passing grade menurut salah satu bimbel:
Akuntansi 41%
Komunikasi 39,83%
Adm. Bisnis 31.33%

Keketatan:
Akuntansi peminat 2015: 2692, daya tampung 2016: 68. Keketatan 1:39,58
Komunikasi peminat 2015: 1869, daya tampung 2016: 30. Keketatan: 1:62,3
Adm. Bisnis peminat 2015: 1756, daya tampung 2016: 30. Keketatan: 1:58,53

Asumsikan peminat 2015 itu 11 12 dengan 2016. Kok malah aku masuk di komunikasi yang passing gradenya cuma beda 1%an tapi ketatan komunikasi ya? mungkin peminat akuntansi lebih banyak sih dan ragamnya banyak jadi mungkin banyak yang pinter juga. Awalnya aku bingung banget kok aku masuk komunikasi malahan.. but thats a miracle! Ga nyangka banget yang dulunya sangat amat hopeless dengan SBMPTN ternyata bisa masuk. Aku ga nyangka banget, kalo bukan dari kebaikan Tuhan. JANGAN PERCAYA PASSING GRADE! Jadiin acuan kamu aja biar bisa lebih - lebih dari itu, thats better! Aku inget banget setelah pengumuman aku ngomong sama mama kalo aku ngerjain mat cuma 1 dan inggris cuma 3 dan dia like "hah?!" hahaha.

1 Juli 2016 pengumuman UM UNDIP: Aku udah lega, dan dari pertama aku nggak berharap banget sama UM UNDIP karena ya..bayar uang gedung tadi. Hehe. Aku juga merasa gak ngerjain UM UNDIP dengan maksimal. Hasilnya ngga lolos. Aku nggak tahu karena aku sudah keterima di SBMPTN UNDIP atau memang aku ga lolos seleksi. Ntahlah..lupakan saja.

1 Juli 2016 pengumuman UTUL UGM: Ini final gimana aku berhasil ngewujudin mimpi aku dari kelas X. Pengumuman jam 8 dan aku baru buka jam 9 setelah mantengin HP ga berani buka dan cuma bisa berharap& doa sama Tuhan. Dan akhirnya? Zonk. Bye, dreams.. Walau mungkin aku dulu 'agak' sedikit berharap di UTUL UGM ini, aku tahu banyak banget orang yang lebih - lebih dari aku. Apalagi ini univ nomor 1 di Indonesia. Yasudahlah...

But I still grateful how God works in my life. SBMPTN yang sama sekali ga berharap dan UTUL yang agak sedikit berharap, ternyata dibalik. Hahaha lucu sih kalo inget, kok bisa gitu ya? Tapi entahlah, Tuhan pasti punya rencana buat hidup kita kok. Bersyukur karena udah dapet UNDIP, Tuhan pasti tahu yang terbaik! Kuliah dimanapun, tergantung kitanya sendiri kok. Entah itu swasta maupun negeri. So, berusaha dulu, jangan takut buat mencoba, dan satu lagi: BERDOA! dan juga sama minta doa orang lain khususnya orang tua kita^^

SELESAIIIII
Thankyou Jesus! I Love You.

July 4th, 2016


Email: lisaadelinn@gmail.com
Ask.fm: @adelinlisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar