Jumat, 12 Januari 2018

Kelilipan: Jangan Sampai Sakit!

Hello guys! This is my first post in 2018.
WOOOOO~
How were your first 12 days of this new year?! I HOPE HOWEVER IT BE, YOU'RE SMILE AND GRATEFUL AS ALWAYS YAAA! 

Okeoke. Jadi, kenapa judulnya "Jangan Sampai Sakit"? Nah disini aku mau cerita dikiiiiit (serius dikit aja?!) tentang sakit yang kualami. Bukan sakit yang gimana - gimana kok. Cuma kecill banget tapi ada hal yang aku dapet dari itu.
Image result for red eyes

So, kira - kira hari sabtu (6/1) mata kananku merah. Jadi kalo lihat kemana gitu jadinya pegel cekit2 gitu. Sampe - sampe orang juga tanya kok mataku merah tapi ga merah banget sih cuma yang bagian kiri pojok mata kanan aja. Aku bingung, kenapa ya? kalo karena begadang kayaknya engga deh, pikirku. Aku kan begadang mulu dari dulu soalnya, kok baru akhir - akhir ini begininya. Nah walaupun "cuma" mata kanan merah dan agak pegel aku tetep aja was was. Secara ini yang sakit kan mata, salah satu indera kita yang sensitif. Okedeh karena paling cuma kecapekan biasa, minggu malamnya aku kasih insto dan kutinggal tidur. Nah besoknya aku udah seneng akhirnya gak pegel - pegel lagi! 

Tapi eh tapi..
Setelah aku bangun tidur dan beraktivitas sedikit (makan, minum, mondar mandir gajelas karena liburan), aku ngerasa ada yang ngeganjel dimataku. Ya aku kira cuma kelilipan biasa lah ya. Dikucek juga ilang. Nah udah aku kucek TAPI KOK GAK ILANG ILANG YA?!. Aku panik tapi masih berpikiran positif paling beberapa jam lagi ilang rasa ganjelnya. Nah siangnya aku pergi nih ke Undip dari rumah karena mau ngurus sesuatu. Perjalanan dari rumah - Undip kira - kira 50 menitan lah. Jauh ya? makanya aku ngekos. Naik motor dan tahu sendiri kan Semarang adalah kota yang sangat hot:") dan disepanjang perjalanan aku kepikiran kok ini ganjel gak ilang ilang ya padahal udah setengah jalan ke Undip. Disepanjang jalan mata kananku juga nangis terus berair gitu. Aku liat di spion ternyata mataku merah lagi. Singkat cerita sampai balik rumah (sekitar 2 - 3 jam) kemudian masih ganjel. 

Aku bilang ke orangtua, jadi besoknya aku pergi ke rumah sakit ke dokter mata. Disana diperiksa disenter tapi katanya gak ada apa - apa. Soal merahnya katanya karena iritasi atau apalah itu. Nah katanya ada pendarahan kecil di mataku nah I guess karena aku kucek jadi gitu. JADI JANGAN DIKUCEK YA KALO KELILIPAN ATAU GAK NYAMAN SAMA MATA. Katanya orang - orang dikedipin aja secara cepet kalo ga matanya direndam air sambil di kedipin biar gak gatel atau ngrusak mata. Oiya buat iritasinya aku dikasih obat tetes mata.

Nah sesudah beberapa hari aku bingung kok masih ganjel ya. Merah merahnya udah mendingan sih.. tapi justru ganjelnya yang aku concern kan ngeri kalo didalem mata ada benda asing. Karena aku penasaran dan takut (takut aja sih sebenernya) aku buka kelopak mataku dan kok ada item bintik kayak butiran pasir gitu ya. Aku langsung panik lagi dan dua hari setelahnya aku pergi ke dokter yang berbeda namun tetap di rumah sakit yang sama. 

Pada waktu periksa di dokter yang kedua which is hari ini tadi pagi menuju siang, dokternya manis banget. Masih around 37 - 40 kayaknya. Disana ada alat buat liat semacam pembesar gitu terus ada tatakannya buat wajah. Kelopak mata atas aku dibuka sama dokternya dan dokternya tau kalo ada benda asing yang ada di mata aku. Aku awalnya dikasih obat bius tetes mata dengan kadar rendah untuk mata aku, kata dokter paling perih sedikit. Aku yang notabene jarang banget berhadapan dengan alat - alat atau apapun itu yang ada di rumah sakit dan sangat jarang ke rumah sakit, jujur aku takut banget. Call me alay but this is real.. apalagi suntik. Ya for this case walaupun cuma tetes mata dan perih sedikit, ini ditetesin ke mata yang lagi, adalah bagian sensitif dari indera kita. Sebenernya gak usah takut karena obat tersebut kan pasti sudah ada lisensinya kan. Tapi gak tahu lagi, aku parno sama hal2 seperti itu sampe aku agak brambang :"). Akhirnya karena aku takut aku gak pake obat bius itu karena paling cuma diambil dikelopaknya aja. Jadi karena kata dokter ga bisa pake cotton bud karena agak nempel, terus akhirnya pakai alat "cutikan" biasa terus pada akhirnya diambil lagi pakai cotton bud. Terus si dokter ngomong apa udah gak ganjel lagi? terus aku coba ngelirik kesana kemari untuk memastikan kalo gak ganjel lagi dan...

THANKS GOD ITS FINALLY DISSAPEARR!!!

Believe me, those feels are the best!
I thank to beautiful doctor then. 

Sebenarnya aku tahu bahwa hal yang kualami ini amat kecil, teramat kecil. Tapi tahu gak? Hal kecil kayak gitu bisa bikin kita gak nyaman. Coba aja bayangin setiap kedip kayak ada batu kecil ganjel gitu :") and actually, bukan cuma soal mata ajaloh. Tapi untuk seluruh tubuh kita. Sakit itu gak enak guys. Pikiran kita terganggu karena mikirin sakitnya kita. Gak bisa bebas pokoknya. Jadi jaga kesehatan itu perlu banget dan jangan remehin nasihat - nasihat dari orang sekitar kita tentang kesehatan! Oiya, untuk menghindari kelilipan yang kayak aku (sampe nempel dikelopak mata), sebisa mungkin hati - hati bila sedang ada di tempat penuh debu atau polusi. Jangan lupa bagi pengendara motor wajib hukumnya untuk menutup kaca helm yaa! (yakali gak pake helm juga. yeu.). Banyak - banyak bersyukur bila sekarang kamu sehat! Some people wish the position like you're now. Makan yang sehat, jangan sampai orang juga khawatir lihat kita sedang ada masalah dengan kesehatan kita atau at least pada kondisiku kemarin yang "cuma" kelilipan dan iritasi, orang tuaku aja ikut panik. 

Oiya, by the way, semenjak tadi pagi aku ke dokter tersebut aku jadi kagum sama profesi dokter umum dan spesialis yang sebegitu banyak spesialisasinya, bisa tahu banget tubuh kita, penyebab - penyebab, cara menangangi, dll (maklum saya jurusan kedokteran sosyel) :p 

3 komentar:

  1. Biayanya habis berapa itu kedokter ?

    BalasHapus
  2. Biayanya berapa pas kedokter angkat benda yg nyangkut dimatanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf baru lihat. Saya tidak bayar karena pakai BPJS hehe. Rujukan ke rumah sakit. Semoga kamu sehat selalu!

      Hapus